Dosen PGSD UNY Dr. Ali Mustadi, M.Pd. (Foto: dok. UNY)
School reform merupakan cara sekolah dalam mewujudkan learning community, yakni keadaan di mana guru, siswa, dan orangtua saling belajar. Hal itu telah diimplementasikan di Jepang secara berkesinambungan. Demikian, seperti dikutip dari laman UNY, Sabtu (26/10/2013).
Dalam konsep learning community, filosofi mendasar yang ada adalah guru bukan mengajar tapi belajar. Sehingga setiap anak memiliki hak untuk belajar sehingga yang terjadi adalah pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.
Kegiatan riil dan dasar yang harus dilaksanakan dalam learning community, yaitu terlaksananya open class. Sebelum mengajar, guru terlebih dahulu merencanakan desain pembelajaran, kemudian melaksanakan proses pembelajaran secara terbuka dengan diamati/diobservasi oleh guru yang lain, dosen/ahli dari perguruan tinggi, dan juga orangtua, yang kemudian hasil pengamatan tersebut dipakai sebagai bahan refleksi.
Pengalaman pembelajaran sudah menjadi budaya di Jepang selama berpuluh-puluh tahun karena prinsip sekolah, yaitu kelas adalah milik umum sehingga kelas harus terbuka dan semua anak, guru, serta orangtua menjadi pelaku utama. (rfa)
Thanks For Okezone ~
Sumber : Kampus Oke? OKE !
0 Komentar untuk "Studi Banding, Dosen UNY Belajar Learning Community"
Berikan tanggapan. (Kesopanan dapat meluluhkan hati admin)